Jawaban Ulangan Informatika / Alif Fatih 8B 23

 Nama / Kelas / Absen : Alif Fatih / 8B / 23


1. Apakah tujuan belajar analisis data?

Tujuan dari belajar analisi data adalah agar kita memahami cara mengelola data dengan fungsi pencarian dan peringkasan data seperti pivot table, SUMIFS, COUNTIFS dan melakukan visualisasi data dengan membuat chart untuk menyajika data

2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?

Kita bisa menggunakan berbagi fitur di excel untuk mengolah data yang cukup banyak seperti menggunakan pivot table, SUMIFS, COUNTIFS, dan bisa juga dengan menyajika data dengan chart

3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!

Fungsi dari Vlookup dan Hlookup adalah untuk melakukan pencarian data di excel, dengan fungsi tersebut kita hanya perlu memasukkan formula di excel kemudian data yang kita cari dapat ditemukan

4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?

Pivot table adalah tabel yang berisi data yang sudah diringkas berdasarkan kategori tertentu yang melibatkan proses penjumlahan, perhitungan, rata-rata, dan lain-lain.

5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?

Fungsi SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula di excel yang digunakan untuk menghitung nilai dari sekumpulan data dengan kondisi tertentu

6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?

Peringkasan data adalah kita hanya menampilkan data yang penting saja, sehingga data lebih mudah dibaca 

7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?

Karena dengan memahami proses analisis data kita dapat dengan mudah mengolah data yang awalnya rumit menjadi sesuatu yang lebih sederhana

8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?

Langkah-langkah membuat grafik di excel adalah:
1. Select data yang akan digunakan untuk membuat grafik
2. Klik insert kemudian pilih chart
3. Pilih chart yang diinginkan dan grafik akan muncul di halaman excel

9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?

Pencarian data adalah proses dimana kita melakukan pencarian data yang dapat dilakukan menggunakan fungsi di excel seperti fungsi lookup dan fungsi reference

10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?

Visualisasi data adalah menyajikan data dengan menggunakan tabel yang dapat ditampilkan dengan grafik atau chart
 
11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?

Pengelolaan data adalah mengelola data dan menentukan kriteria data sesuai dengan tujuan

12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup?

Fungsi Lookup adalah fungsi yang digunakan untuk mencari suatu data dalam range yang dipilih

13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?

Fungsi match : Mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range table satu dimensi

Fungsi choose : Mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai

Fungsi index : Mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel yang ditunjuk

14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian dalam meringkas data?

Ya, fungsi SUMIFS dan COUNTIGS memudahkan kita dalam meringkas data

15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih sulit digunakan?

Keduanya sama-sama mudah digunakan apabila kita mengetahui cara penggunaan formulanya dengan baik

16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!

Penggunaan absolute references nbergua dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS karena dengan absolute references kita dapat melakukan copy untuk suatu formula tanpa alamat column dan row cell yang kita pilih berubah

17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?

Menurut saya belajar materi analisis data ini dapat membantu kita dalam menggunakan excel lebih lanjut, yang nantinya bisa menjadi pengetahuan yang berguna untuk mengolah data

18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara unplugged (tanpa komputer)?

Lamanya proses dengan membuat lembar kerja secara unplugged, sedangkan menggunakan komputer memiliki proses yang lebih cepat karena dapat menggunakan berbagai fitur yang sudah tersedia untuk mengolah data

19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!

Pivot: "the central point, pin, or shaft on which a mechanism turns or oscillates 
Pivot di excel digunakan untuk membuat suatu tabel atau grafik yang mempermudah kita untuk menampilkan suatu data sehingga data yang awalnya masih dalam bentuk yang rumit menjadi lebih terstruktur dan rapih

20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?

Ya, sudah bisa memahami kegunaakn pivot table dengan cukup baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Praktik Lintas Bidang Informatika

Pengalaman pembelajaran Informatika

Rangkuman Bab 7 Alif Fatih 8B/23