Rangkuman Praktik Lintas Bidang Informatika

A. Pendahuluan

Yang akan dilakukan dalam PLB ini yaitu mengembangkan artefak komputasional yang berbasis Makey Makey (papan sirkuit yang dapat dihubungkan dengan komputer/laptop) dan menggunakan perkakas bahasa pemrograman Scratch. 

Artefak merupakan kata serapan dari bahasa latin arte factum yang memiliki arti dibuat oleh keterampilan. Artefak komputasional dapat dikembangkan dengan semangat gotong royong dan juga tersedia tools kolaborasi seperti Google Drive, Google Docs, dan tools kolaborasi lainnya. Contoh artefak komputasional antara lain:
  1. Yang tampak secara fisik: Robot, Drone, dan Mobil Otonom, dll
  2. Yang bersifat non-fisik: TikTok, Twitter, Tokopedia, Gojek, dll

B. Media Interaktif Lempeng Bumi

Yang akan dilakukan: Mengembangkan media untuk menjelaskan lempeng-lempeng bumi yang apabila disentuh akan memberikan informasi terkait lempeng tersebut. Yang diperlukan antara lain: 
  1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  2. Kabel dan kli buaya
  3. Karton
  4. Poster lempeng bumi
  5. Plastisin
  6. Perangkat lunak Scratch
Langkah-langkah pembuatan:
  1. Siapkan gambar/poster tentang lempeng bumi
  2. Pasang plastisin pada setiap batas lempeng
  3. Rekam suara narasi teks untuk penjelasan lempeng dengan bahasa pemrograman Scratch
  4. Pilih pada menu code kemudian masukkan blok kode untuk menghubungkan code ke Makey Makey
  5. Pada bagian blok kode sound tarik blok kode "Play Sound ... Until Done" dan disambungkan dengan blok kode Makey Makey dan pilih suara yang digunakan
  6. Rangkai dengan perangkat Makey-Makey setiap lempeng dipresentasikan dengan menggunakan plastisin yang dihubungkan dengan klip buaya

B. Mesin Hitung Koin

Yang akan dilakukan: Mengembangkan artefak komputasional berupa mesin hitung uang koin yang dibuat dengan bahan kardus, rangkaian elektronis yang terhubung dengan Makey Makey dan komputer dan mengembangkan programnya dengan Scratch. Yang diperlukan antara lain:
  1. Komputer/laptop yang telah terpasang browser dan USB port
  2. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  3. Scratch
  4. Kabel dan klip buaya
  5. Klip kertas 4 buah
  6. Uang logam/koin
  7. Kotak bekas dengan tutup
  8. Lem
  9. Aluminium foil
Spesifikasi Mesin Hitung Koin:
  1. Input: Uang logam sebanyak n buah untuk pecahan 1000, 500, 200, dan 100
  2. Proses: Menghitung total nilai nominal join yang dimasukkan ke dalam kotak
  3. Output: Menampilkan total nilai uang di layar komputer
Contoh: Jika Pak Untung memiliki uang logam pecahan 1000 sebanyak 2, 500 sebanyak 3, 100 sebanyak 1. Maka: (1000 x 2) + (500 x 3) + (100x1) = 2000 + 1500 + 100 = 3600



Langkah-langkah pembuatan:
  1. Membuat kotak tempat penyimpan uang koin dengan kardus bekas seperti pada Gambar.
  2. Membuat interface antarkotak penyimpan uang dengan papan sirkuit Makey Makey dalam bentuk rangkaian kabel.
  3. Membuat program untuk menghitung nilai uang yang dimasukkan ke dalam kotak penyimpan.
  4. Menguji program dan rangkaian apakah sudah sesuai dengan spesifikasi di atas.











Alif Fatih 8B/23



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman pembelajaran Informatika

Rangkuman Bab 7 Alif Fatih 8B/23