Rangkuman Bab 7 Alif Fatih 8B/23
Algoritma dan Pemrograman
Kata kunci : Pemrograman visual, algoritma, pemrograman, scratch, blocky, pemrograman prosedural, variabel, input, output, ekspresi aritmatika, ekspresi logika, percabangan, perulangan
A. Eksplorasi Lanjutan Scratch
Konsep Kode Control, Input, dan Variabel
Control : Mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Kode program dapat dibuat sederhana dengan control yang tepat
Input : Proses meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya disimpan dalam sebuah variabel. Dalam scratch menggunakan blok [ask and wait] pada kategori sensing.
Variabel : Digunakan untuk menyimpan sebuah nilai yang dapat diubah menggunakan blok [set variabel to] atau [change variabel by]. Dapat dikenali di semua sprite (global variable) atau sprite yang aktif saat variabel dibuat (local variable)
Konsep Custom Block
Sebuah block pada scratch yang dapat dibuat sendiri dan disesuaikan fungsinya. Pada umumnya dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur.
Dengan Costum block kalian dapat membuat blok sendiri yang dapat berisi blok lain juga. Blok dapat menerima input sehingga instruksi di dalamnya dapat dijalankan dengan nilai yang berbeda. Contoh:
Misalnya ada :
jika X diberi nilai 50, sprite akan bergerak sebanyak 50 langkah
Inilah yang disebut parameter, seperti A dan B dalam persamaan misalnya f(x) = ax+b di mana a dan b dapat diganti untuk mendapat persamaan linear yang berbeda, misalnya f(x) = x+10 atau f(x) 9x+25
B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze
Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana
dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan
Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan
blok-blok. Kalian dapat melakukan drag and drop pada blok-blok ini. Blok-blok ini
merepresentasikan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel, ekspresi
logika, looping, dan lain-lain. Pada Blockly, blok-blok yang sudah disusun dapat
langsung diterjemahkan ke berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript,
PHP, Python, dan lain-lain. Hal inilah yang membedakan antara Blockly dengan
Scratch
Penerjemahan Kode A Blockly -> B Java Script
Ada berbagai cara untuk mendapatkan dan menggunakan tools ini, yaitu:
- Coding with Chrome https://chrome.google.com/webstore/detail/coding-with-chrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed
- Melalui demo yang disediakan pada https://developers.google.com/Blockly
- Melalui https://Blockly-demo.appspot.com/static/demos/code/index.html
Penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games
C. Eksplorasi Blockly Games Music
Di bagian ini, kalian akan mengenali fungsi/
prosedur yang sama seperti Custom Block pada Scratch. Eksplorasi dapat
kalian lakukan dengan mengakses situs https://blockly.games/music?lang=en.
Tampilan permainan Music dalam situs https://blockly.games/music?lang=en ditunjukkan pada uraian berikut:
Untuk mempercepat/memperlambat jalannya program
Jika kalian memasukan note
C4 pada blok [play..note..], maka program kalian akan mengembalikan
suara nada sesuai kunci C4.
Pada permainan di atas, kalian akan diminta untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan cara memasukkan kode-kode yang tersedia.
D. Eksplorasi Sprite dengan Blockly
Dengan Scratch, blok kode
program akan ditempatkan pada setiap sprite yang tersedia. Adapun Blockly
memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Blok kode program pada Blockly
ditempatkan pada tempat yang sama
Menggunakan tools Coding with Chrome
yang dapat diunduh dari https://chrome.google.com/webstore/detail/codingwith-chrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed
Pilih menu Use Beginner Mode” dan kalian akan diminta untuk memilih lagi, ada menu
Blockly, Games, dan Robots
- Blockly Menggunakan blok-blok yang di drag & drop seperti pada Scratch dan Blockly Games untuk membuat kode program.
- Games Menggunakan blok-blok yang di-drag & drop juga untuk membuat games.
- Robots Menggunakan Blockly untuk mengontrol jalannya robot. Terdapat beberapa merk robot yang dapat digunakan langsung, seperti Lego EV3 atau Sphero.
Konsep Sprite
Sprite adalah komponen dalam sebuah program
yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan
untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik
diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan
perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolaholah terjadi animasi.
Pada scratch, mengganti latar belakang tampilan grid view dapat memanfaatkan gambar yang akan disebut Backdrop. Pada Blockly,
latar belakang tampilan dapat menggunakan gambar maupun warna yang
disebut background image atau background color.
E. Pengenalan Pemrograman Prosedural
Dalam pemrograman prosedural, kalian akan memprogram berdasarkan
konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer).
Komputer mempunyai tiga elemen
penting, yaitu perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat output.
CPU memiliki memori, bus dan ALU.
Komputer dapat menerima input, yang kemudian akan ditampung
dalam memori, dan supaya dapat diambil kembali disimpan dalam sebuah
“nama” variabel.
Program komputer akan mengendalikan komputer dalam
melakukan Input-Proses-Output. Maka, dengan menuliskan sebuah program
komputer, kalian dapat memerintah komputer untuk hal berikut:
- Menerima input, dan menyimpannya dalam sebuah variabel, serta mengambil isinya
- Mengeluarkan output, dengan menggunakan perintah “print”, “write”, atau “display” atau lainnya
- Melakukan perhitungan aritmatika dan logika, sesuai dengan operasi aritmatika yang menggunakan operator kali, bagi, tambah, kurang atau operasi logika dengan menggunakan operator and, or, not, atau operasi perbandingan dengan operator <, >, =
Tipe data dalam Blockly
Komputer memeriksa nilai kebenaran dari suatu kondisi dengan
menggunakan operasi perbandingandan operasi logika. Operasi perbandingan
di dalam pemrograman antara lain adalah sebagai berikut.
- Sama dengan (=): memeriksa apakah dua buah nilai bernilai sama atau tidak.
- Tidak sama dengan (≠ ): memeriksa apakah dua buah nilai bernilai berbeda atau tidak.
- Kurang dari (<): memeriksa apakah suatu nilai lebih kecil daripada nilai lainnya.
- Lebih dari (>): memeriksa apakah suatu nilai lebih besar daripada nilai lainnya.
And, or dan not : untuk
melihat nilai kebenaran dari ketiga operator ini. Suatu pernyataan yang
mengandung operasi logika akan bernilai False jika pernyataan tersebut
salah. Jika pernyataan tersebut benar, ia akan bernilai True.
Pengulangan
Komputer juga perlu melakukan pengulangan
dalam mengerjakan tugasnya. Di dalam komputer, khususnya pemrograman,
konsep ini dikenal dengan repetition atau loops.
Blok [repeat n times] digunakan untuk melakukan sebanyak yang ditentukan. Terdapat
dua buah bagian yang perlu diisi ketika menggunakan blok ini, yaitu banyaknya
perulangan dan tindakan atau action apa yang perlu dilakukan secara berulangulang
Blok [repeat..while] digunakan jika kalian ingin melakukan perulangan
selama suatu kondisi atau syarat tertentu terpenuhi.
terima kasih sudah mengerjakan tugasnya dengan baik.
BalasHapus