Pengalaman pembelajaran Informatika
Pengalaman Belajar Informatika
Saya memiliki beberapa pengalaman belajar tentang Informatika, contohnya di sekolah. Tapi saya tidak hanya belajar hal-hal tersebut dari sekolah, saya juga mendapat pengalaman belajar Informatika dari games atau dari internet. Contohnya, melalui internet saya belajar tentang bagaimana caranya untuk tetap aman selama menggunakan komputer dan juga membantu saya memahami dan belajar tentang beragam macam jenis perangkat komputer seperti CPU, SDD, HDD, RAM, dan perangkat komputer lainnya. Belajar Informatika menurut saya cukup menarik dan memiliki manfaat di masa depan dengan berkembangnya teknologi di dunia.
Belajar informatika melalui games/internet cukup membantu saya dalam mempelajari pelajaran Informatika karena saya juga dapat belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang dipelajari di sekolah sehingga saya dapat memahaminya lebih baik.
Selama belajar Informatika, saya terkadang megalami sedikit kesulitan dalam memahami atau mempelajari tentang perangkat atau jaringan komputer yang sedang dipelajari. Tapi dapat diatasi dengan belajar tidak hanya melalui buku tapi juga melalui internet dimana kita dapat mencari berbagai informasi yang kita perlukan. Namun dalam mencari informasi-informasi tersebut kita perlu menggunakan sumber yang terpercaya agar kita tidak mendapat informasi yang salah. Menurut saya selama belajar informatika melalui internet/games cukup menyenangkan dan menarik. Adapun profil pelajar pancasila yang memiliki beberapa ciri utama yaitu bertakwa, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
Di sekolah saya belajar informatika tidak hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru tapi juga dengan menggunakan media seperti scratch, dimana kita dapat berkreasi dalam membuat game yang kita inginkan dan kemudian dapat dimainkan oleh orang lain. Dengan scratch kita dapat membuat game dengan cukup mudah, karena sudah disediakan berbagai macam code, suara, dan kita juga dapat menggambar karater kita sendiri. Hal tersebut menurut saya adalah hal yang menyenangkan karena kita juga dapat saling membantu dan bertukar informasi bagaimana caranya untuk membuat game tersebut, sehingga kita dapat memaksimalkan hasilnya. Setelah gamesnya telah selesai, ada beberapa yang dipresentasikan di depan kelas, sehingga kita bisa saling menunjukkan hasil karya kita dan menjelaskan bagaimana kerja game tersebut dan cara memainkannya.
Berikut adalah contoh game yang dibuat menggunakan scratch untuk tugas TIK di kelas 7:
Peta Pikiran Informatika:
Menurut saya elemen yang paling berkesan menurut saya adalah belajar informatika yang berkaitan dengan sustem komputer karena saya tertarik dengan bagian-bagian dan fungsi dari komputer
Contoh pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan informatika seperti menggunakan internet untuk mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain melalui media sosial, dan lain-lain.
Elemen informatika yang paling penting menurut saya adalah dampak sosial informatika, karena kita belajar tentang dampak positif maupun negatif teknologi di kehidupan sehari-hari
Beberapa hal yang sudah saya pelajari di informatika contohnya seperti berpikir komputasional, perangkat dan jaringan komputer, jenis-jenis software dan kegunaanya, dan tetang keamanan selama menggunakan media.
A. Berpikir Komputasional
Apa itu berpikir komputasional? Berpikir komputasional adalah cara kita menyelesaikan masalah yang jika dikembangkan dapat diselesaikan oleh komputer.
B. Teknologi Informasi dan Komunikasi
TIK adalah hal-hal yang berkaitan dengan teknologi untuk komunikasi dan informasi, media penyiaran, dan lainnya.
C. Sistem Komputer
Sistem komputer adalah kumpulan perangkat komputer yang saling berhubungan untuk proses pengolahan data.
D. Jaringan Komputer dan Internet
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Kita juga belajar tentang LAN/MAN/WAN, dan hal-hal yang mengenai tentang jaringan komputer dan internet.
E. Analisis Data
Analisis Data adalah proses untuk mengumpulkan, membandingkan, dan mencari persamaan data untuk mencari informasi.
F. Algoritma dan Pemrograman
Algoritma adalah proses untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang beraturan/berurutan, sedangkan algoritma pemrograman adalah proses untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
G. Dampak Sosial Informatika
Dampak sosial informatika yang positif seperti berbagi informasi dengan mudah, membantu dalam pekerjaan seperti menggunakan word, google docs, dan lain-lain, dan juga membantu untuk berkomunikasi.
H. Praktik Lintas Bidang Informatika
Informatika membantu kita belajar tentang sistem komputer, perangkat-perangkatnya, jaringan komputer, dan juga belajar tentang bagaimana caranya mengakses beragam informasi lewat internet.
Nama: Muhammad Alif Fatih Ferdiansyah
Kelas: 8B
Absen: 23
Komentar
Posting Komentar